Laboratorium Transportasi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

PENDAHULUAN

Laboratorium Transportasi Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah salah satu bagian yang terintegrasi dari semua kegiatan pembelajaran yang berbasis kompetensi di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Sebagian dari proses pembelajaran di UAJY, Keberadaan Laboratorium Transportasi ini mengemban tiga misi Tridarma Perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. Sebagai fungsi penelitian, Laboratorium Transportasi FT-UAJY merupakan sarana bagi mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan ilmu melalui penelitian-penelitiannya. Sebagai fungsi pengabdian pada masyarakat, Laboratorium Transportasi FT-UAJY juga memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka melakukan penelitian yang berkaitan dengan permasalahan dibidang Transportasi.

ORGANISASI DAN PERSONIL

Dalam operasional dan pengelolaannya, Laboratorium Transportasi FT-UAJY terdiri dari tim staf pengajar yang memiliki spesialisasi pada bidang transportasi serta didukung oleh Staf/Teknisi yang berpengalaman ( bersertifikat).

Kepala Laboratorium:

Ir. Y. Lulie,M.T.

Tim Ahli:

  • Dr. Ir. Imam Basuki,M.T.
  • Dr.Ir. Dwijoko Ansusanto, M.T.
  • Benediktus Susanto, S.T.,M.T.
  • Ir. J.F. Soandrijanie Linggo, M.T.
  • FX. Pranoto Dirhan Putra, S.T.

Staf Laboratorium:

L. Beny Antana (telah memiliki sertifikat laboran)

PELAYANAN LABORATORIUM

Selain sebagai pendukung kegiatan akademis, Laboratorium Transportasi juga melayani kepentingan yang bersifat umum dan komersial, yaitu untuk kegiatan masyarakat baik  institusi pemerintah, swasta maupun perorangan.

a. Pengujian/Pemeriksaan

  1. Pemeriksaan Aspal  berupa : Penetrasi, Kehilangan Berat Aspal, Penetrasi setelah Kehilangan Berat, Kelarutan Aspal Dalam Karbon Tetra Clorida (CCL 4), Daktilitas, Titik Nyala dan Titik Bakar, Titik Lembek serta Berat Jenis Aspal.
  2. Pemeriksaan Bahan Batuan berupa : Kadar Air, Sand Equivalen, Soundness, Los Angeles Abration, Impact, Analisis Bentuk Agregat, Analisis Saringan serta Berat Jenis dan Penyerapan Agregat Kasar serta Halus.
  3. Pemeriksaan Campuran Beton Aspal berupa : Aspalt Compactor, Marshall, Extraction serta Core Drill.

b. Konsultasi

  1. Perancangan Transportasi Darat ( Jalan Raya, Jalan Kereta Api)
  2. Perancangan Transportasi Laut
  3. Perancangan Transportasi Udara
  4. Survey dan Analisis Data Lalulintas
  5. Perancangan dan Analisis Parkir

FASILITAS

Laboratorium Transportasi memiliki fasilitas penunjang bagi kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan penelitian bagi mahasiswa. Fasilitas yang ada di Laboratorium Transportasi:

a. Peralatan:

  1. Marshall Test
  2. Waterbath
  3. Los Angeles Abration Machine
  4. Compactor manual
  5. Compactor automatic
  6. Sieve dan sieve shaker
  7. Daktilitas test
  8. Asphalt Penetration test
  9. Speedgun

b. Ruangan

  1. Ruang praktukum
  2. Ruang uji
  3. Ruang kedap suara
  4. Ruang asisten

c. Perpustakaan

Laboratorium Transportasi memiliki sejumlah koleksi buku yang berhubungan dengan topik Rekayasa Transportasi. Selain buku teks, juga terdapat jurnal yang berhubungan dengan Rekayasa Transportasi.