Laboratorium Ukur Tanah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

PENDAHULUAN

Laboratorium Ukur Tanah Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah salah satu bagian yang terintegrasi dari semua kegiatan pembelajaran yang berbasis kompetensi di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Laboratorium Ukur Tanah ikut mengemban 3 misi Tridharma perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Sebagai perwujudan misi pendidikan, Laboratorium Ukur Tanah menyediakan sarana bagi mahasiswa untuk mempraktikkan teori yang telah didapatkan di kelas Pengukuran dan Pemetaan. Sebagai perwujudan misi penelitian, Laboratorium Ukur Tanah menyediakan sarana bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian tentang Pengukuran dan Pemetaan. Sebagai perwujudan misi pengabdian kepada masyarakat, Laboratorium Ukur Tanah memberikan pelayanan kepada masyarakat diluar kampus dengan melakukan pekerjaan pengukuran tanah.

ORGANISASI DAN PERSONIL

Secara operasional, Laboratorium Ukur Tanah dikelola oleh Kepala Laboratorium Ukur Tanah yang dibantu oleh Tim Ahli yang merupakan staf pengajar yang berkompeten serta didukung oleh Staf Laboratorium yang berpengalaman.

Kepala Laboratorium:

Didit Gunawan Prasetyo Jati, S.Kom, M.Sc.

Tim Ahli:

  • FX. Pranoto Dirhan P., S.T., MURP.
  • Ir. JF. Soandrijanie Linggo, M.T.
  • Benidiktus Susanto, S.T., M.T.
  • Okkie Putriani, S.T., M.T.

Staf Laboratorium:

Christin Sri Hastuti, S.T.

PELAYANAN LABORATORIUM

Selain sebagai pendukung kegiatan akademis, Laboratorium Ukur Tanah juga melayani kepentingan yang bersifat umum dan komersial, yaitu untuk kegiatan masyarakat baik institusi pemerintah, swasta maupun perorangan.

  1. Pelayanan yang dapat dilakukan:
  2. Membuat peta kontur tanah
  3. Pengukuran luas dan batas tanah
  4. Pembuatan peta situasi dengan eksisting bangunan
  5. Pengukuran uitzet bangunan
  6. Pembuatan profil memanjang dan melintang tanah

FASILITAS

Laboratorium Ukur Tanah memiliki sejumlah fasilitas penunjang bagi kegiatan belajar mengajar, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fasilitas yang ada di Laboratorium Ukur Tanah:

a. Peralatan:

  • Waterpas Nikon AC 2S
  • Theodolit CDT 02 Minds
  • Total Station DTM 322
  • Drone DJI Phantom 4

b. Komputer

Laboratorium Ukur Tanah memiliki perangkat keras berupa computer dan perangkat lunak/ software pengukuran tanah yaitu LISCAD.