Laboratorium

Program Studi Arsitektur UAJY memiliki empat laboratorium, yang mengemban tiga misi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat.

Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Bangunan Arsitektural

Kegiatan yang diwadahi laboratorium ini adalah pelaksanaan studio tugas akhir bagi mahasiswa arsitektur. Laboratorium ini dilengkapi dengan 37 komputer sebagai sarana penggambaran secara digital dan 25 mesin gambar bagi mahasiswa yang menghendaki penggambaran secara manual. Selain itu, Laboratorium PPBA juga mengupayakan peningkatan kualitas rancangan mahasiswa dengan mengadakan Studio Arsitektur Award atau STARS Award.

Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Teknologi Arsitektural

Berawal dari kelompok peminatan di bidang teknologi arsitektural, pada 1996 dibentuk sebuah laboratorium untuk mewadahi tenaga pengajar di Program Studi Arsitektural yang memiliki minat di bidang teknologi arsitektural. Pengembangan laboratorium ini selanjutnya diarahkan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Program Studi Arsitektur di bidang teknologi arsitektural.

Kegiatan-kegiatan di dalam Laboratorium PPTA:

  • Menyelenggarakan dan mengkoordinasi Praktikum pendukung mata kuliah seperti: Tata Cahaya, Tata Udara, Akustika, Utilitas, dan mata kuliah struktur dan konstruksi bangunan gedung.
  • Mengembangkan alat peraga/model untuk mendukung mata kuliah struktur dan konstruksi bangunan gedung.
  • Menyediakan fasilitas dan alat uji untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi arsitektural.
  • Menyelenggarakan kuliah lapangan, ekskursi dan kuliah umum untuk mendukung mata kuliah di bidang teknologi arsitektural.
  • Menyelenggarakan lokakarya terbatas membahas pengembangan dan pelaksanaan kurikulum Program Studi Arsitektur di bidang teknologi arsitektural.

Fasilitas yang dimiliki Lab. PPTA berupa alat-alat untuk pengukuran di laboratorium maupun di lapangan serta contoh-contoh bahan dan model yang digunakan untuk mendukung kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi arsitektural.