Kualifikasi

CAPAIAN PEMBELAJARAN DARI PROFIL LULUSAN

Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta telah menetapkan Capaian Pembelajaran lulusan sesuai dengan hasil tracer study dan studi banding dengan melibatkan beberapa stakeholders yaitu pengguna lulusan, alumni, dosen, mahasiswa serta Program Studi dari universitas lain. Berikut ini adalah rumusan deskripsi Capaian Pembelajaran dari setiap Profil Lulusan Program Studi Teknik SIpil Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Konsultan Perencana

  1. Mampu menerapkan konsep perencanaan dan perancangan sistem dan konstruksi teknik sipil sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku serta memperhatikan waktu dan biaya pelaksanaan.
  2. Mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang bahan konstruksi yang memenuhi ketentuan/standar yang berlaku dan ramah lingkungan.
  3. Mampu mengaplikasikan perangkat lunak untuk mendukung perencanaan dan perancangan bangunan Teknik Sipil

Konsultan Pengawas

  1. Mampu menganalisis fakta untuk mengevaluasi kesesuaian pelaksanaan terhadap perencanaan (suatu) pekerjaan teknik sipil berdasarkan peraturan, ketentuan, standar, dan prosedur yang berlaku.
  2. Mampu mensintesis berbagai informasi, metode, dan peluang secara kreatif dan inovatif untuk memperoleh solusi dan memberikan rekomendasi penyelesaian permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan suatu pekerjaan teknik sipil.

Kontraktor

  1. Mampu menerapkan metode rekayasa pelaksanaan sistem dan konstruksi teknik sipil sesuai kajian keilmuan, peraturan dan ketentuan yang berlaku
  2. Mampu mengembangkan dan berinovasi dalam metode rekayasa konstruksi teknik sipil.

Pengembang Bisnis Konstruksi

  1. Mampu mengembangkan, menerapkan dan mengambil keputusan berdasarkan konsep manajemen properti & infrastruktur yang memperhatikan kawasan dan lingkungan dalam industri jasa konstruksi
  2. Mampu menguasai manajemen konstruksi, manajemen properti & infrastruktur, estimasi biaya, serta etika profesi dan lingkungan
  3. Mampu mengembangkan, menerapkan, dan mengambil keputusan berdasarkan konsep manajemen konstruksi, manajemen properti, dan manajemen infrastruktur yang memperhatikan etika profesi serta keberlanjutan pembangunan kawasan dan lingkungan (dalam industri jasa konstruksi).

Manajer Proyek Konstruksi

  1. Mampu memberikan solusi dan mengambil keputusan terkait permasalahan dalam dunia konstruksi berdasarkan kajian keilmuan teknik sipil.
  2. Memiliki pengetahuan, kemampuan melakukan analisis dan pengambilan keputusan terkait dengan evaluasi dan rekayasa forensik terhadap sistem dan konstruksi teknik sipil.
  3. Mampu menerapkan konsep daur hidup untuk mengelola dan mengembangkan proyek konstruksi sesuai standar, pedoman, ketentuan, dan peraturan yang berlaku serta tepat biaya, waktu, mutu, dan administrasi.

Pendidik

  1. Mampu mengembangkan ilmu rekayasa teknik sipil serta mengkomunikasikan ide dan argumen melalui berbagai bentuk media dalam proses pembelajaran
  2. Mampu mengkaji isu terkini dan perkembangan ilmu rekayasa teknik sipil untuk peningkatan mutu kehidupan manusia.

Peneliti

  1. Mampu menerapkan metode penelitian dalam pengkajian ilmu rekayasa teknik sipil secara kreatif dan inovatif
  2. Mampu mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil penelitian.

Comments are closed.