Struktur Organisasi

Fakultas sebagai sebuah unit akademik utama (di tingkat universitas terdapat berbagai unit pendukung, seperti: Lembaga Penelitian Universitas (LPU); Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM); Pusat Pengembangan Institusi (PPI); Pusat Pemasaran Universitas (PPU); Pusat Sistem Informasi (PSI); Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK); dan Biro Administrasi dan Keuangan (BAU)) dalam universitas dipimpin oleh seorang Dekan sekaligus sebagai kepala unit. Dekan dibantu oleh tiga Pembantu Dekan, yang berturut-turut membidangi Akademik; Administrasi dan Keuangan; dan Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama. Di bawah struktur Dekanat terdapat dua program studi: Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur, yang masing-masing dipimpin oleh Ketua Program Studi (kaprodi) dan Sekretaris Program Studi (sekprodi).

Di dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, program studi diperkuat oleh adanya laboratorium. Masing-masing laboratorium dipimpin oleh Kepala Laboratorium dengan dibantu oleh laboran dan asisten praktikum yang diangkat di setiap semester sesuai kebutuhan Laboratorium digunakan pula sebagai sarana penelitian dan pengabdian bagi dosen dan sarana belajar mahasiswa melalui percobaan-percobaan, baik yang terkait dengan matakuliah yang sedang diambil maupun dalam rangka penelitian untuk tugas akhir mahasiswa. Di samping itu beberapa laboratorium juga menerima pekerjaan pemeriksaan mutu dari proyek-proyek konstruksi di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Program Studi Teknik Sipil membawahi tujuh laboratorium: Lab. Ilmu Ukur Tanah, Lab. Struktur dan Bahan Bangunan, Lab. Rekayasa Jalan Raya, Lab. Mekanika Tanah, Lab. Hidrolika dan Rekayasa Lingkungan, Lab. Manajemen Konstruksi dan Lab. Komputasi Teknik Sipil.

Pada Program Studi Teknik Arsitektur terdapat empat laboratorium: Lab. PPBA (Perencanaan dan Perancangan Bangunan Arsitektural), Lab. PPTA (Perencanaan dan Perancangan Teknologi Arsitektural), Lab. PPLK (Perencanaan dan Perancangan Lingkungan dan Kawasan), dan Lab. Arsitektur Digital (yang dibentuk sejak tahun 2003).

Untuk proses administrasi surat menyurat dan administrasi akademik, Fakultas dan Program Studi dibantu oleh Tata Usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Bagian. Kepala Bagian dibantu oleh tiga Kepala Sub Bagian, yaitu Sub Bagian Umum yang membidangi administrasi umum dan keuangan; Sub Bagian Perkuliahan yang menangani penjadwalan matakuliah termasuk pemakaian laboratorium pendukung perkuliahan, pembagian ruang perkuliahan, pencatatan presensi dosen dan mahasiswa sebagai salah satu mata rantai kendali mutu perkuliahan, dan penyiapan proses rencana studi mahasiswa setiap semester; dan Sub Bagian Ujian dan Yudisium yang melakukan pendokumentasian seluruh nilai-nilai ujian, baik dalam bentuk hardcopy maupun dalam database Sistem Informasi Akademik

strukturft

Struktur Organisasi Fakultas Teknik terbagi beberapa bagian:

  1. Dekanat
  2. Senat Akademik
  3. Pengurus Program Studi Teknik Sipil
  4. Pengurus Program Studi Arsitektur
  5. Pusat Perencanaan Konsultasi Teknologi
  6. Unit Pelaksana Teknis Komputer & Sistem Informasi
  7. Tata Usaha

Comments are closed.