Kemahasiswaan

Mahasiswa didukung untuk dapat meraih sukses dalam studinya di Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Untuk mewujudkan hal tersebut institusi menyediakan berbagai fasilitas berupa sarana dan prasarana maupun layanan yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa agar dapat menempuh studinya dengan baik dan nyaman. Selain itu mahasiswa didorong untuk tidak hanya berfokus pada studi, melainkan juga mengusahakan keseimbangan dengan terlibat dalam berbagai kegiatan non-akademik yang mengembangkan dirinya secara positif dan utuh. Kegiatan tersebut mencakup berbagai bidang, yaitu penalaran, minat bakat (olah raga dan seni budaya), sosial kemasyarakatan serta keorganisasian dan kepemimpinan. Terdapat 24 (dua puluh empat) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat universitas yang disediakan untuk mewadahi kegiatan mahasiswa di berbagai bidang tersebut. Penghargaan berupa beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang meraih prestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik.
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah organisasi di tingkat universitas yang mewadahi minat bakat mahasiswa dalam bidang kegiatan tertentu, baik olah raga, seni, budaya, dan lain-lain. Terdapat 24 (dua puluh empat) UKM di UAJY, yaitu:

  • 7 (tujuh) UKM olah raga beladiri: Taekwondo, Inkai, Merpati Putih, Boxing, Kyokushinkai, Aikido, dan IKS Pro Patria;
  • 6 (enam) UKM olah raga permainan: sepak bola, bola basket, bola voli, bulutangkis, tenis lapangan, renang;
  • 4 (empat) UKM kesenian: Marching Band Atma Jaya, Paduan Suara Mahasiswa, Teater Lilin, dan Seni Budaya Nusantara;
  • 1 (satu) UKM kerohanian;
  • 1 (satu) UKM pecinta alam (Palawa);
  • 1 (satu) UKM selam;
  • 1 (satu) UKM kewirausahaan (Unit Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa/ UKKM);
  • 1 (satu) UKM fotografi (Atma Jaya Photography Club/ APC);
  • 1 (satu) UKM penerbitan (PASTI);
  • 1 (satu) UKM debat.

Ruang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa adalah lembaga kemahasiswaan yang bernaung di bawah koordinasi Program Studi. Ada 2 (dua) Himpunan Mahasiswa di Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yaitu Himpunan Mahasiswa Aristektur (HIMA) Tricaka dan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) yang masing-masing bernaung di bawah Program Studi Arsitektur dan Program Studi Teknik Sipil. Himpunan Mahasiswa mewadahi penyelenggaraan berbagai kegiatan kemahasiswaan serta menyalurkan aspirasi mahasiswa. Kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa adalah Pekan Arsitektur (dulu disebut Sepekan Arsitektur) oleh HIMA Tricaka dan Civil Engineering Days (dulu Civil Expo) oleh HMS. Masing-masing kegiatan tersebut mencakup bidang penalaran (misalnya seminar, kuliah umum, talkshow, dan lomba akademik), minat bakat (misalnya olah raga, seni budaya, desain, dan fotografi), dan sosial kemasyarakatan (misalnya bakti sosial dan pengabdian kepada masyarakat). Baik HIMA Tricaka maupun HMS juga berpartisipasi dan terlibat dalam forum komunikasi dengan himpunan mahasiswa program studi lain di dalam maupun di luar UAJY. Selain itu kedua himpunan mahasiswa tersebut melalukan kontak dan jalinan komunikasi dengan alumni yang terutama bertujuan untuk berbagi pengalaman dan pemikiran.

Ruang Himpunan Mahasiswa

PRESTASI MAHASISWA

Berbagai  prestasi mahasiswa dalam bidang akademik maupun non-akademik diraih dalam lomba/ kejuaraan/ kompetisi di tingkat regional, nasional maupun internasional. Penghargaan berupa beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional.

  • Valentine Bemos N. Guling lolos seleksi dan terpilih bersama 71 orang mahasiswa se-Indonesia sebagai peserta student exchange ke Amerika Serikat yang disponsori oleh Indonesia International Education Foundation (IIEF) melalui Indonesia English Language Study Program (IELSP).
  • Aldorio Prastyawan Satriajaya lolos seleksi dan terpilih sebagai peserta student exchange program antara Indonesia dan Australia yang disebut Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP).
  • Jaya Kusuma Atmaja (070212882/TS) mewakili Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam seleksi Makahasiswa Berprestasi 2010 Tingkat Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil masuk peringkat lima besar.
  • Rikardus Grace Krissanggeni (040112066/TA) sebagai juara Harapan II Kompetisi Karya Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur Indonesia ke VII yang diselenggarakan oleh Jurusan Arsitektur FTSP – ITS Surabaya.
  • Adityo (alumni Program Studi Arsitektur) dan Ir.FX.Eddy Arinto, M.Arch (dosen Program Studi Arsitektur, sebagai pembimbing) menjadi pemenang dalam Lomba Desain yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara, Jakarta.
  • Valentine Bemos Nippristira Guling (081313013/TS-Int), berhasil mendapatkan The Indonesia English Language Scholarship Program (IELSP) dari pemerintah USA, mulai Oktober 2011.
  • Meida Iswardhany (090213305/TS) berhasil menjadi Juara II lomba Karya Tulis Ilmiah, diselenggarakan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK)
  • Tim Basket Putra FT menjadi Juara I dan Tim Basket Putri FT menjadi Juara III dalam Kejuaraan Bola Basket Piala Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
  • Stefanus Atyanto Nandiwardhana (080213081/TS), Dominicus Septian Henri Saputro (070212791/TS) dan Utami Yudiastuti (070212690/TS) berhasil meraih Juara III Lomba Kuat Tekan Beton yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta

Comments are closed.