Tujuan

A.  TUJUAN PROGRAM

  • Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu arsitektur pada skala bangunan dan lingkungan yang memiliki keunggulan mentransformasikan kearifan lokal ke dalam aplikasi desain arsitektural global, kepedulian terhadap isu lingkungan, sosial serta kearifan
  • Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, birokrat, praktisi dan dunia
  • Menghasilkan penelitian dan publikasi berskala nasional dan
  • Memberikan pelayanan di bidang perancangan bangunan dan lingkungan yang baik kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM SARJANA ARSITEKTUR S1

Capaian Pembelajaran menurut Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) berdasarkan Perpres RI No. 8 tahun 2012 tentang KKNI adalah internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, pengetahuan, pengetahuan praktis, ketrampilan, afeksi, daan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja. Capaian pembelajaran untuk Program S1 Arsitektur mencakup unsur SIKAP, KETRAMPILAN UMUM, PENGETAHUAN, dan KETRAMPILAN KHUSUS.

B.1     SIKAP DAN TATA NILAI (ST)

Lulusan sarjana setara dengan jenjang 6 atau dalam kelompok jabatan teknisi atau analis harus memiliki 10 capaian pembelajaran yang berkaitan dengan sikap dan tata nilai yang sudah ditetapkan oleh Pendidikan Tinggi yang tertuang di dalam Perpres RI No. 8 tahun 2012 tentang KKNI. Konsorsium Arsitektur (Asosiasi Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia) menambahkan 1 Capaian Pembelajaran pada nomor 11 dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta menambahkan 1 Capaian Pembelajaran pada nomor 12. Adapun 12 capaian pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan
  12. Menunjukkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai UAJY yaitu unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas.

B.2     KETRAMPILAN UMUM (KU)

Capaian pembelajaran yang berkaitan dengan ketrampilan umum untuk lulusan Program S1 (level 6) ditetapkan di dalam Perpres RI No. 8 tahun 2012 tentang KKNI. Sembilan capaian pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

B.3     PENGETAHUAN (P)

Konsorsium Arsitektur telah menetapkan pengetahuan yang harus dimiliki sebagai Capaian Pembelajaran untuk Lulusan sarjana Arsitektur setara dengan jenjang 6. Program Studi Arsitektur FT-UAJY menambahkan 1 capaian pembelajaran dalam hal ketrampilan khusus yang sesuai dengan profil lulusan yang menjadi tujuan pendidikan Program S1 Arsitektur UAJY pada nomor 3.

  1. Menguasai konsep teoritis tentang arsitektur, perancangan arsitektur, estetika, sistem struktur dan utilitas bangunan;
  2. Menguasai prinsip sains bangunan, landscape, perencanaan dan perancangan kota, permukiman, arsitektur nusantara, ekologi, dan pemaknaan dalam arsitektur;
  3. Mengetahui pengelolaan kantor arsitek.

B.4     KETRAMPILAN KHUSUS (KK)

Lima Capaian Pembelajaran yang berkenaan dengan ketrampilan khusus yang harus dimiliki oleh lulusan Program S1 Arsitektur disepakati oleh Konsorsium adalah sebagai berikut:

  1. Mampu menyusun konsep rancangan arsitektur yang mengintegrasikan hasil kajian aspek perilaku, lingkungan, teknis, dan nilai-nilai yang terkait dengan arsitektur;
  2. Mampu merancang arsitektur secara mandiri dengan metode perancangan yang berbasis riset, dan menghasilkan karya arsitektur yang kreatif, yang merupakan penyelesaian masalah arsitektur yang kontekstual, dan teruji secara teoritis terhadap kaidah arsitektur;
  3. Mampu mengkomunikasikan pemikiran dan hasil rancangan bentuk grafis, tulisan, dan model yang komunikatif dengan manual dan digital;
  4. Mampu menyajikan beberapa alternative solusi rancangan dan membuat keputusan pilihan berdasarkan pertimbangan keilmuan arsitektur;
  5. Mampu memanfaatkan kemampuan merancangnya untuk membantu melakukan pengawasan dan / atau pelaksanaan pembangunan lingkungan dan bangunan.

Comments are closed.