Kualifikasi

A.  KUALIFIKASI CALON MAHASISWA

Program Studi Arsitektur FT–UAJY merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat, terbuka bagi calon yang berlatarbelakang pendidikan SMA, SMK, MAN, dan sederajat dari semua jurusan yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan, sesuai UU nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

B. WAKTU DAN SKS

Masa Studi adalah masa studi terjadwal yang harus ditempuh oleh mahasiswa sesuai dengan rentang waktu yang dipersyaratkan. Batas Waktu Studi adalah batas waktu maksimal yang diperkenankan untuk mahasiswa menyelesaikan studi. Program Studi Arsitektur FT–UAJY didesain untuk diselesaikan dalam jangka waktu 8 semester dengan beban studi sebanyak 144 SKS. Program Sarjana harus dapat diselesaikan paling lama 14  semester terhitung sejak terdaftar sebagai mahasiswa pada Semester I. Dalam sistem SKS yang diberlakukan, dimungkinkan bagi mahasiswa untuk menempuh lebih singkat dari 8 semester, selama beban yang ditempuh tetap 144 SKS. Dalam hal ini, Peraturan dan Ketentuan berlaku.

C. PROFIL LULUSAN

Berdasarkan hasil tracer study dan memperhatikan kebutuhan tenaga kerja di bidang arsitektur dan dunia konstruksi dapat disimpulkan bahwa profil lulusan Program Studi Arsitektur FT-UAJY adalah tenaga intelektual yang mampu berperan sebagai pelaku jasa konstruksi meliputi layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan konstruksi, dan layanan jasa konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi (Permen PU nomor 4 tahun 2011 tentang Pedoman Persyaratan Pemberian Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional). Profesi pelaku jasa konstruksi meliputi semua profesi yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan maupun pengembangan bangunan dan kawasan terbangun. Termasuk di dalam kelompok profesi ini adalah: konsultan perencana, kontraktor, konsultan pengawas, developer.

Comments are closed.